Call Center BRI Layanan Terintegrasi Nasabah

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah. Banyak produk dan layanan dikeluarkan bank BRI untuk nasabah mencakup tabungan reguler, pendanaan bagi usaha mikro lewat program kredit usaha rakyat (KUR), hingga tabungan haji. Bank BRI pun menawarkan banyak layanan terintegrasi diantaranya call center BRI, SMS banking, internet banking, hingga BRI Mobile. Sebagai bank dengan basis nasabah jutaan BRI sering berekspansi dengan membuka kantor cabang sesuai kebutuhan.



Keseluruhan, ada 18 kantor wilayah, 450 unit kantor cabang utama, 560 unit kantor cabang pembantu, 6300 unit ATM BRI, ditambah puluhan ribu jaringan ATM lain. Sebagaimana institusi perbankan yang lain, bank BRI pun menyediakan fasilitas customer service di kantor cabang terdekat yang buka selama jam kerja. Disiapkan pula fasilitas call center BRI yang dapat dihubungi selama setiap saat kapan pun dari mana pun. Call center BRI dinamakan Call BRI dengan tugas merespon segala keluhan, pertanyaan, dan saran yang diberikan nasabah.

Fitur call center BRI menghadirkan dua opsi yaitu Interactive Voice Response (IVR) dan Customer Service Representative (CSR). Bedanya, fasilitas IVR bersifat  sistem komputer otomatis, sementara CSR memungkinkan nasabah berkata-kata langsung dengan pegawai yang sedang standby. Lewat Call BRI, nasabah pun bahkan dapat bertransaksi keuangan dan non keuangan memanfaatkan fasilitas phone banking. Nasabah sebelumnya harus mempunyai kartu debit BRI dan mengaktifkan fitur Call BRI atau phone banking. Langkah-langkah mendaftar melalui ATM BRI adalah sebagai berikut :

1. Input kartu debit BRI atau BritAma PrimeCard ke slot ATM

2. Pencet enam digit nomor PIN BRI

3. Tekan menu “Transaksi Lainnya”

4. Tekan menu “Registrasi”

5. Tekan menu registrasi “Call BRI” atau “Phone Banking”

Fasilitas Call BRI dapat untuk bertransaksi keuangan, sementara call center BRI melalui phone banking cuma untuk transaksi non keuangan. Sehabis mendaftar, nasabah sudah dapat menelepon Call Center BRI saat ingin mendapatkan :

- Informasi produk atau jasa (Information Inquiry)
- Informasi dana, jasa, pinjaman BRI.
- Informasi suku bunga, kurs, dan biaya jasa.
- Informasi lokasi unit kerja BRI.
- Informasi saldo tabungan.
- Informasi 5 transaksi terakhir, paling lama untuk rentang waktu 2 bulan terakhir.
- Informasi tagihan listrik, dan telepon.
- Pembelian pulsa provider seluler (Simpati, Mentari, IM3 dan XL, SMART, AXIS, 3)
- Transfer atau overbooking ke sesama rekening BRI.
- Permintaan cetak salinan rekening koram (R/C) 1 bulan terakhir yang berisi 50 transaksi terakhir. Salinan itu dapat dikirimkan via mesin faksimili sesuai permintaan nasabah.
- Pemblokiran ATM hilang/rusak.
- Transaksi perbankan lainnya.

Nasabah di seluruh Indonesia dapat menghubungi nomor Call Center BRI di : 14017 dan juga (021) 579-87400. Kedua nomor tadi dapat dihubungi nasabah untuk yang berdomisili di pulau Sumatera Utara, Pulau Jawa, NTT, NTB, dan Bali.  Untuk tambahan informasi, berbagai nomor short cut call center BRI adalah :

- Informasi saldo 110
- Informasi transaksi dan layanan faksimili 120
- Informasi 5 transaksi terakhir 120
- Permintaan salinan melalui rekening koran melalui faksimili 122
- Transfer antar rekening BRI 130
- Pembelian pulsa 140
- Pembayaran tagihan lainnya 150
- Pembayaran tagihan telepon 151
- Pembayaran tagihan PLN 152
- Pembayaran seluler pascabayar 153
- Pembayaran Universitas Terbuka 154
- Pembayaran cicilan motor 155
- Pembayaran tagihan kartu kredit 160
- Pembayaran tagihan KTA dan personal loan 170
- Informasi tagihan kartu kredit 210
- Informasi pembayaran terakhir kartu kredit 220
- Informasi jumlah pemakaian dan sisa kredit 230
- Informasi lewat faksimili 240
- Last statement 241
- Previous statement 242
- Pembelian pulsa 250
- Pembayaran pihak ketiga 260
- Pembayaran tagihan telepon 261
- Pembayaran tagihan PLN 262
- Pembayaran seluler pascabayar 263
- Pembayaran Universitas Terbuka 264
- Pembayaran cicilan motor 265

LihatTutupKomentar